Spesifikasi Oplet si Doel Mobil Klasik dari Inggris

Oplet adalah sebuah mobil klasik yg ikut menjadi salah satu pemain dalam serial tv indonesia si doel anak sekolahan. Dalam film yg disutradarai rano karno yg juga berperan sebagai bintang utama ini, oplet secara terang ditulis sebagai "bintang film" bersama dengan benyamin S, mandra dan sederatan bintang top lainya.

Memang, dalam film si doel anak sekolahan yg tayang pada era tahun 93 ini, oplet menjadi amat signifikan memberikan ciri khas dan indentitas film yg bertemakan budaya betawi ini. Oplet si doel digambarkan sebagai barang antik yg amat tua, renta, tak berdaya, namun juga sekaligus punya banyak cerita suka duka serta makna bagi pemiliknya yakni babe sabeni alias benyamin s.


Setelah si doel anak sekolahan berhenti tayang, mobil oplet kini masih dirawat dengan baik oleh doel atau rano karno. Konon, oplet ini pernah ditawar 1 milyar oleh pembeli namun tidak dilepas oleh rano karno. Maklum, barang antik terkadang tak ada nilainya, alias tidak bisa diukur dengan uang. 

Maklum saja jika oplet si doel ini kini menjadi barang antik yang keberadaan bisa dihutung dengan jari. Sebab oplet si doel telah berumur puluhan tahun. masuk ke indonesia sejak jaman kemerdekaan tepatnya tahun 50an.

Oplet sendiri adalah mobil produksi inggris dibawah manufaktur Morris Motors Limited antara tahun 1948 hingga 1972. untuk sekilas, garis desain oplet agak mirip dengan mini cooper, sebab pelopor Morris Minor dan Mini Morris (yang kini berubah menjadi mini cooper) adalah orang yang sama, namun dari formatnya saja sudah berbeda. Morris milik mini lebih kecil dan berformat hatchback.

Sedangkan jenis mobil si doel adalah mobil sejenis MPV yang bisa mengankut banyak orang. Oplet sejatinya bernama asli Morris Minor Traveller. 


Morris Minor Traveller memiliki spesifikasi mesin 1000cc atau tepatnya 948cc dengan jumlah 4 silinder SOHC. Dengan mesin 1000cc mobil ini hanya mampu memuntahkan tenaga sebesar 37hp pada 4750rpm atau setara dengan motor 250cc jaman now. Mobil ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal 115km/jam dan memiliki akselerasi 0-18km/jam dengan waktu 18,7 detik. Dengan spesifikasi mesin demikian ternyata mobil ini cukup irit.. Komsumsi BBM mobil antik dengan sitem bahan bakar karburator ini bisa menyentuh angka 15 hingga 20 km/liter. Untuk berat sendiri mobil ini memiliki berat 838kg dengan bahan bakar terisi penuh. 

Sejarah oplet di indonesia

Oplet merupakan salah satu moda transportasi darat yang cukup populer di Indonesia. Pada era 1960-an dan 1970-an, Oplet mencapai masa jayanya karena menjadi kendaraan umum paling populer di Jakarta sementara transportasi berbasis bus masih jarang. Konon kata Oplet berasal dari gabungan Opel Let atau Opel kecil walau ada juga yang mengatakan nama Oplet berasal dari nama Chevrolet sampai auto let.

Kendaraan

Morris Minor 1000 Traveller, mobil yang menjadi basis bagi kendaraan oplet

Oplet adalah kendaraan angkutan umum yang berasal dari mobil sedan merek Morris buatan Inggris dengan sebuah ban yang dimodifikasi. Selain itu mobil yang dijadikan oplet umumnya merupakan merek Austin sehingga orang Betawi lebih suka menyebut ostin, bukan oplet.


Lampu sein oplet

Pabrik karoseri untuk memodifikasi oplet pada masa lalu terdapat di Meester Cornelis. Dalam modifikasinya bagian oplet dibagi 2, pertama untuk supir dengan pintu samping dan penumpang 1 orang, kedua untuk penumpang di belakang.

Oplet adalah kendaraan umum yang memiliki satu pintu di bagian belakang. Pintu itu menjadi tempat masuk dan keluar penumpang. Di bagian depan juga ada pintu, yakni di bagian kanan dan kiri. Satu penumpang boleh duduk di samping sopir. Umumnya oplet memuat sekitar 10 orang. Uniknya, hampir seluruh badan oplet terbuat dari kayu. Begitu pun jendela. Untuk menutup dan membuka jendela, penumpang tinggal mengangkat atau menurunkannya. Jendela tidak terbuat dari kaca atau plastik, tetapi dari kayu dan semacam kulit sehingga tidak transparan. Tangki bensin ada di bagian dalam, persis di antara kaki-kaki penumpang.

Oplet memiliki lampu sein yang sangat unik, berada di luar sisi kanan dan kiri. Klakson oplet juga unik karena terdapat di bagian luar. Memakainya harus dipencet karena terbuat dari karet.

Trayek

Oplet beroperasi di Jakarta sejak tahun 1930. Dahulu operasi oplet terbatas di Jakarta Timur yakni daerah Pasar Kramat Jati, Cijantung, Cibubur dan Cilangkap juga Cisalak. Sejak tahun 1950-an dengan izin trayek resmi, oplet beroperasi di hampir seluruh wilayah Jakarta.

Tahun 1979 izin trayek tersebut dihapuskan dan kemudian digantikan fungsinya oleh Mikrolet, Metromini maupun Koperasi Wahana Kalpika (KWK). Hal ini dikarenakan faktor usia yang menjadi kendala kelangsungan Oplet di Jakarta. Oplet yang sudah mulai beroperasi sejak tahun 1930-an di Jakarta, dirasa semakin tua dan harus dipensiunkan dengan diganti angkutan jenis lain.

Spesifikasi

Mesin
4 Silinder berpendingin cairan
Volume: 948cc
Bore: 62.9mm
Stroke: 76.2mm
Valves: 8, overhead
Compression ratio: 8.3:1
Carburettors: Single SU HS2
Max Power: 37bhp at 4,750rpm

Performance
Maximum speed: 72 mph
Acceleration: 0-50 mph 18.7secs
Overall fuel consumption: 35-40mpg

Transmission
Clutch: Single 7.25in dry-plate diaphragm
Gearbox: 4-speed, synchro on top 2 gears
Ratios: Top 1:1, 2nd 2.172:1,
1st 3.628:1 3rd 1.412:, 1Reverse 4.664:1


Wheels Bolt on 5 x 14in disc

Dimensions & Weight
Wheelbase: 7ft 2in
Track - front: 4ft 2.6in
Track - rear: 4ft 2.3in
Overall length: 12ft 5in
Overall width: 5ft 1in
Overall height: 5ft
Ground clearance: 6.75in
Unladen weight: 16.5cwt
Tank capacity: 5 Imp gals

Production
All variants1948-1972: 1,619,857
Travellers1953-71:
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
loading...

0 Response to "Spesifikasi Oplet si Doel Mobil Klasik dari Inggris"

Posting Komentar

TULIS KOMENTAR, REVIEW ATAU PERTANYAAN ANDA SEPUTAR ARTIKEL INI:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *