Harga Honda PCX 150 Lokal 2018 dan Spesifikasi Versi Indonesia

Kalau selama ini anda mengidam-idamkan honda PCX 150, bisa jadi anda akan berpikir 17 kali sebelum akhirnya meminang motor ini. Sebab harga motor ini mencapai 40an juta rupiah. Dengan kapasitas mesin hanya 150cc, dan mengusung model skutik maxi seperti yamaha Nmax, harga Honda PCX 150 jauh diatas Nmax apalagi vario 150 yang hanya berkisar antara 21-29 juta rupiah.

Namun sekarang honda PCX150 tidak lagi indentik dengan orang kaya atau berduit saja. AHM astra honda motor kini telah memproduksi honda PCX 150 di dalam negeri alias melokalkan skutik PCX 150 yang sebelumnya diimpor untuh dari negara thailand. Konsekuensinya tentu saja harga honda matic yang identik dengan eksklusifitas ini menjadi jauh lebih bersahabat. Cukup mengeluarkan duit 27-32 juta rupiah saja (tergantung tipe) anda sudah bisa membawa pulang honda PCX 150.

List harga honda PCX 150

PRODUK HARGA
Honda PCX 150 CBS (STANDAR) Rp. 27.700.000
Honda PCX 150 ABS Rp. 32.700.000
Honda PCX 150 Hybrid Rp. 40.000.000

Perbedaan Fitur 

Untuk honda PCX hybrid silahkan lihat ulasan lengkap disini.

Honda PCX 150 CBS dan ABS yang selisih harga 5 juta tidak memliki banyak perbedaan fitur. Hanya sistem pengereman yang berbeda diantara keduanya. Jika Honda PCX 150 CBS menggunakan pengereman combi brake system tanpa ABS, maka sebaliknya Honda PCX 150 ABS mengunakan pengereman ABS tanpa CBS.

Tentu anda sudah tidak asing pada kedua sistem pengereman tersebut bukan? Pengereman CBS (combi brake system) adalah system pengereman yang memungkinkan rem depan dan belakang bekerja secara bersamaan hanya dengan menekan satu tuas. Apakah menekan tuas depan atau belakang, maka salah satu tuas yang tidak ditekan akan juga ikut beroperasi dengan intensitas tekanan yang presisi dan sudah terukur. 
Jadi fitur ini memungkinkan anda mengehemat tenaga tidak harus menekan kedua tuas untuk mendapatkan pengereman yang optimal, cukup menekan rem belakang maka rem depan juga akan beroperasi secara bersamaan. 

Sedangkan untuk versi Honda PCX 150 ABS, tidak terdapat pengereman CBS melainkan ABS. Pengereman ini tentu lebih canggih karena menggunakan sensor elektronik dan ECU khusus ABS. Jika pengereman CBS masih bersifata mekanis maka pengereman ABS sudah bersifat elektronis. Sebagaimana kita ketahui bersama ABS atau anti braking lock system adalah system pengereman yang mencegah ban mengunci ketika pengendara melakukan pengereman.

Fitur ABS ini sangat berguna bagi anda yang mengutamakan keselamatan berkendara. jadi sekeras apapun anda mengerem baik dalam keadaan panic brake atau jalanan licin atau berpasir, system ABS akan mencegah roda mengunci dan meminimalisir kemungkinan kecelakaan.

Apakah worthed hanya dengan perbedaan ABS dan non ABS mengorbankan uang 5 juta? Tentu jika anda menginginkan keselamatan angka tersebut lebih dari worth. Melihat misalnya motor2 sport 250cc, perbedaan fitur ABS dan CBS bisa mencapai selisih harga sedemikian rupa. Part gelondongan sensor ABS adalahs adalah part yang sangat mahal dari sebuah kendaraan. untuk roda dua berkisar di angka 5-10 juta rupiah.

Fitur Unggulan

Fitur unggulan berikut ini adalha fitur yang terdapat pada kedua varian apakah Honda PCX 150 CBS atau ABS. Jadi kami tekankan sekali lagi perbedaan fitu antara kedua varian ini adalah hanya pada sisi pengereman sedangkan fitur lainya full memiliki fitu yang sama saja. Tentu saja selain fitur ABS dan CBS yg telah disebutkan diatas berikut beberapa fitur unggulan yg terdapat pada pacx 150 kedua varian

       1. Smart key system

Sebaimana motor kekinian, Honda PCX 150 juga sudah dilengkapi dengan fitur utama yakni smart key system. Fitur ini sering menjadi tolak ukur kecanggihan suatu produk otomotif. Pada mobil juga berlomba2 memberikan fitur ini untuk menarik hari konsumen. Dan belakangan sebagian besar motor yang diproduksi mulai tahun 2017 sudah dilengkapi dengan fitur smart key system. 
Fitur ini adalah sebuah fitur yang memungkinkan anda tidak perlu mencolokkan kunci secara manual ke lubang kunci sebagaimana kunci motor konvensional. Kuncinya juga sudah tidak berbentuk anak kunci sebagaimiana biasanya melainkan hanya berbentuk seperti remot kecil yang hanya harus anda masukan pada kantong atau digantung di leher atau di tangan.

Pada jarak tertentu, biasanya tidak lebih dari 2 meter, sensor yang terdapat pada motor kan mendeteksi keberadaan "remote" kunci yang ada di kantong anda tersebut dan seluruh komponen elektroniknya menyala sebagaimana layaknya jika anda mencolokan kunci manual dan memutar pada posisi on.

Jika sudah menyala maka selanjutnya adalah memutar tombol key on off pada panel yang terdapat pada bagian kanan di bawah setang ke sebelah kiri. Maka motor sudah siap distarter seperti biasa. lalu bagaimana mematikan motor ini? Jika anda benar-benar buru2 cukup turun dari motor saat motor masih menyala. pada jarak lebih dari 2 meter motor akan mati secara otomatis. Tapi ingat pada posisi ini setang belum terkunci, kunci setang harus di putar secara manul pada panel yang sama.

       2. Idling stop system

Fitur ini sebenarnya bukan barang baru. Bahkan honda vario 150 sudah sejak lama mengunakan vitur ini. Ketika anda berhenti pada lampu merah atau motor tidak berjalan lebih dari beberapa detik maka mesin akan secara otomatis mati tanpa mematikan kunci motor. Fitur ini berfungsi menghemat bahan bakar sekitar 0.000000 sekian persen dan mengurangi emisi gas buang. Dan ketika ingin berjalan lagi cukup puntir gas seperti biasa sebagaimana anda ingin menjalankan motor makan mesin akan otomatis menyala dan berjalan kembali.


ISS dan hazard

      3. Lampu hazard.

Tidak banyak motor yang dilengkapi lampu hazard. Biasanya kendaraan yang menggunakan lampu hazard adalah mobil dan motor-motor yang biasa digunakan untuk touring atau moge. Lampu hazard sendiri berfungsi menyalakan lampu sein secara bersamaan. Penggunaan hazard ini terdapat dalam undang-undang lalu lintas jalan raya yang berfungsi sebagai tanda bahaya. Atau pengendara sedang berada dalam keadaan darutat sehingga mencegah pengendara di belakangan untuk bersabar dan tidak menyalip. Namun kebanyakan digunakan untuk sekedar gaya-gayaan saja.

       4. Socket charger

Pada laci sebalang kiri dibawah setang terdapat socket arus DC yang berfungsi sebagai charger HP. Ini sangat berguna jika anda melakukan touring seharian dan anda kehabisan baterai gadget ditengah jalan makan cukup colokan gadget pada socket ini.
Namun perlu dicatat saat pembelian socket ini tidak dilengkapi dengan charger khusus yang diperuntukan untuk mengecarhge HP, hanya berbentuk panel socket saja, untuk dapat melakukan charging anda harus membeli alat yang biasa digunakan pada mobil untuk mengecharg gadget tersebut. Murah kok, tidak lebih dari 100ribu rupiah.

       5. Lampu LED

Honda PCX 150 Lokal  sudah dilengkapi dengan penerangan full LED atau light emiting diode. jadi tidak menggunakan bohlam sehingga lebih hemat listrik dan tentu saja lebih terang dan tahan lama. Tidak hanya lampu depan saja yang dilengkapi dengan LED, melainkan lampu rem alias lampu belakang juga LED. Tidak cukup sampai disitu, lampu sein juga sudha full LED, plus speedometer juga LED digital


tampak depan honda pcx 150 lokal dengan lampu led

       6. Pengereman cakram depan dan belakang

Jika pada Honda PCX 150 lama yang diimpor CBU, belum dilengkapi pengereman cakram pada pada roda belakang. Bayangkan saja, motor seharga 40 juta rupiah tidak dilengkapi dengan pengereman cakram belakang, sedangkan Honda PCX 150 Lokal harga 27 juta rupiah sudah dilengkapi pengereman cakram depan belakang.


Mesin

Tipe mesin 4 Langkah, SOHC, PGM-FI, berpendingin cairan, eSP
Volume langkah 149,7 cc
Diameter x Langkah 57,3 x 57,9 mm
Power 10,8 kW (14,7 PS) / 8.500 rpm
Torsi 13,2 N.m (1,35 kgf.m) / 6.500 rpm
Perbandingan kompresi 10,6:1

Perbedaan paling signifikan andata Honda PCX 150 Lokal dengan Honda PCX 150 impor adalah pada bagian jantung kendaraan alias mesin. Honda PCX 150 Lokal sudah menggunakan mesin 150cc atau depatnya 149,7cc yang mana sama persis dengan vario 150. Sedangkan honda PCX impor menggunakan mesin 153cc. Petinggi honda juga tidak membantah fakta ini dan mengatakan dengan blak-blakan bahwa Honda PCX 150 Lokal menggunakan mesin yang common part dengna vario 150 namun dengan beberapa detil penyempurnaan.


Contoh penyempurnaan seperti honda mengklaim muntahan power honda PCX 150 lebih besar ketimbang vario 150. Lihat saja power honda PCX mencapai 14,7 PS pada 8500rpm sedangkan vario 150 hanya 13,1 Ps pada rpm yang sama. Namun untuk torsi honda PCX 150 sedikit lebih kecil yang hanya mencapai 13,2 N.m pada 6500 rpm sedangkan honda vario 150 tembus 13,4 Nm pada 5000rpm. Konsekensi ini kemungkinan besar karena rubahan pada timing pengapian, durasi noken as dsb yang mengakibatkan honda PCX lebih mengejar power untuk top speed sedangkan vario mengejar akselerasi dengan torsi yang lebih tinggi.

Sementara perbedaan volume mesin antara Honda PCX 150 Lokal dan impor ini didapat dari konstruksi bore antara Honda PCX 150 Lokal dan impor yg berbeda. Punya impor sedikit lebih besar yakni 58mm. sedangkan Honda PCX 150 Lokal cuma 57,3mm. sedangkan strokenya sama saja yakni 57,9mm. Tapi kami kira dengan konfigurasi mesin SOHC overstroke demikian akan sangat nyamana dan lebih dari cukup untuk sekedar digunakan sebagai kendaraan santai sebagaimana kondratnya sebuah motor skutik.

Fitur lain

Rangka, ban, dan Pengereman

Tipe Rangka Double Cradle
Tipe Suspensi Depan Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang Twin
Ukuran Ban Depan 100/80 - 14 M/C (Tanpa ban dalam)
Ukuran Ban Belakang 120/70 - 14 M/C (tanpa ban dalam)
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
Sistem Pengereman Combined Brake System Hidrolis dengan 3 piston caliper (untuk tipe CBS), Anti-Lock Braking System (untuk tipe ABS)

Honda PCX 150 indonesia memiliki ukuran ban yang lebih besar ketimbang vario 150 dan PCX ol versi pendahulunya. Terlihat pula honda PCX 150 sudah dibekali pengereman cakram untuk roda depan dan belakang.

Dimensi, Berat dan kapasitas tangki bahan bakar
Panjang X Lebar X Tinggi 1.923 x 745 x 1.107 mm
Tinggi Tempat Duduk 764 mm
Jarak Sumbu Roda 1,313 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 137 mm
Curb Weight 131 Kg (CBS); 132 kg (ABS)
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 8 L
Kapasitas oli 0,8 L (penggantian periodik)
 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Response to "Harga Honda PCX 150 Lokal 2018 dan Spesifikasi Versi Indonesia"

Posting Komentar

TULIS KOMENTAR, REVIEW ATAU PERTANYAAN ANDA SEPUTAR ARTIKEL INI:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *