Penyebab Bunyi Yamaha Aerox 155, masalah di CVT, Shock atau dimana?

Motor yamaha Aerox 155 VVA, kerap dikeluhkan konsumen dengan masalah bunyi2 aneh. Semisal krek-krek, srek srek, kretek kretek, tik tik, crik crik, dan sejenisnya. Lalu apa penyebab masalah bunyi berisik pada yamaha aerox ini dan bagaimana cara mengatasinya?

Untuk itu mari kita spesifikasikan dulu bunyi-bunyi yang terdapat pada yamaha aerox 155 ini agar kita dengan mudah bisa menemukan solusi masalah dan mengetahui letak penyebabnya dimana?
Saya juga sudah menggunakan yamaha aerox kurang lebih 1 bulan. Dan dari pengalaman pribadi tersebut memang terdapat bunyi aneh yang meski tidak berdampak buruk pada perfoma motor cuma sedikit terdapat rasa penasaran dan perasaan tidak enak apa sih ini yang bunyi?

1. Bunyi tik tik, ketika akselerasi, 

Bunyi ini sara rasakan ketika motor diajak berakselerasi tinggi, biasanya saat keluar tikungan, dimana mesin dipaksa bekerja dari RMP rendah ke rpm tinggi dengan spontan. dan akan terdengar suara tik, dari bagian mesin. Seperti rantai keteng yang kendor, cuma bedanya suara ini cuma muncul sekali setiap akselerasi. tik, cuma begitu saja sekali. Nanti dia akan muncul lagi ketika mulai berakselerasi dari RMP bawah.

Suara ini paling terdengar ketika berkendara sendirian di jalanan sepi. Kalau berkendara di keramaian sih hampir dan bahkan tidak kedengaran karena memang suaranya kecil sekali. Dan usut punya usut, setelah saya selidiki, munculnya bunyi suara tik tersebut muncul ketika RPM menyentuh 6000 rpm. 

Selalu, saya perhatikan rmp, ketika menyentuh 6000 rpm dan indikator VVA di speedometer menyala muncul suara tik. Saya jadi langsung teringat pada fitur vva pada  mesin yamaha aerox 155 ini. Dan, well, ternyata ini memang bunyi VVA yang aktif. bukan sebuah masalah mesin melainkan keitka fitur vva ini aktif maka akan bunyi tik. mirip perpindaha gigi pada motor manual tapi lebih kecil. ini videonya


2. Bunyi kretek kretek, krek krek ketika berjalan pelan dan ketemu jalanan rusak.

 Selain itu muncul pula bunyi aneh lain seperti krek, kretek, entah dari mana ketika berkendara dengan yamaha aerox 155 dengan kecepatan pelan 30-40 km/jam. Entah dari mana asal suara tersebut, awalnya saya tidak begitu sadar dan mengira suara ini berasal dari suara tali helm yang terkena angin. Lalu saya coba buka helm, ternyata bunyi ini tetap ada, dan memang tidak begitu sering.

Bunyi ini muncul kadang pada waktu yg tidak diprediksi, yang pasti jalan pelan dan bertemu jalan rusak alias kurang mulus. 

Setelah sampai rumah, saya cek satu satu pada seluruh bagian motor. Mulai dari ban suspensi, setang dll. Akhirnya saya menemukan dua sumber bunyi yang mirip ketika saya bekendara. Bunyi yang pertama dari ban belakang. antara CVT dan rumah rem belakang. ketika ban digoyangkan maju muncur, keluar bunyi tek tek? apakah ini sumber bunyi yang sama dengan ketika berkendara?saya kurang tau.

Kedua bunyi muncul dari kemudi depan. Ketika motor dibelokan ke kanan dan kekiri dalam kondisi diam di tempat, muncul suara krek.. krek.. Mirip seperti komstir pecah. Namun saya cek kondisi komstir sama sekali tidak masalah. Ternyata bunyinya berasal dari kabel2 di depan, entah selang rem yang menyerempet kabel speedo dll. sehingga muncul bunyi krek krek ketika setang berbelok. Dan uniknya masalah ini terjadi hanya jika motor dalam kondisi kotor. Setelah dicuci, suara ini hilang.

Jadi saya belum bisa berikan kesimpulan apakah penyebab dan sumber bunyi ini dari setang depan ataukan dari ban belakang atau dari CVT. yang pasti perfoma tidak menurun dan kenyamanan berkendara tetap OK. Saya cuek  saja lah.

Kenapa tidak dibawa saja ke bengkel resmi yamaha? bukan maksud meremehkan bro, tapi bengkel resmi di kota kecil saya ini gak tau apa2. montirnya mekanik anak2 baru tamat sekolah. waktu servis peretama saja, saya suruh bersihkan saringan oli sesuai dengan buku petunjuk eh dia tidak tau dimana posisi saringan oli. alasanya, ini aerox tidak pakai saringan oli.

3. Bunyi srek srek, dari shock belakang ketika dipakai berboncengan.

Ini terus terang tidak pernah saya alami. karena memang jarang berboncengan, saya mayoritas gunakan motor ini cuma buat seniri sebagaimana sloganya personal sport scooter. 

Tapi dari grup yamaha aaerox facebook banyak yang mengeluhkan bunyi srek srek yang muncul dari bagian belakang yamaha aerox ini. Apakah ini sama dengan masalah saya yang nomer dua atau beda lagi? seperti masalah yang disampaikan saudara Dhoni Nugroho. dia mengatakan ada masalah bunyi pada aeronya.

Maaf saya mau tanya...saya baru beli motor aerox type standar...baru 2 hari di rumah, saya coba test boncengan sama anak istri. Kira berat mencapai 140 an kg. Pas saya pake boncengan ada suara cret..cret di bagian kaki2 belakang ( tepatnya gak tau di bagian mana )...dan terasa juga di saya . Kira2 itu bunyi apa ya?
Sekiranya para suhu di sini ada yg mengerti ....terima kasih ...

dan banyak yang memberikan masukan untuk mengatasi masalah ini. Mayoritas mengatakan sumber bunyi berasasl dari shock belakang. solusinya ganti shock belakang dengan yang punya tipe R yang versi tabung. Atau ganti shock aftermart sekalian seperit merek yss, ohlins dll. Namun ada juga yang mengakali dengan melapis besi shock belakang dengan selongsong kabel seperti ini. 

Nah, bagaimana?mudah mudahan tips diatas bisa menjadi wawasan bagi anda yang juga aeroxnya bermasalah bunyi itu.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Response to "Penyebab Bunyi Yamaha Aerox 155, masalah di CVT, Shock atau dimana? "

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *