Kelebihan dan Kekurangan Pertamax Turbo Untuk Motor dan Mobil

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+


Pertamina resmi meluncurkan satu jenis BBM baru yakni Pertamax Turbo. Pertamax turbo meluncur resmi pada kamis 11 agustus 2016 lalu pada ajang GIIAS 2016. Pertamax turbo adalah BBM  dengan RON (Research Octane Number) paling tinggi yang pernah diluncurkan pertamina yakni dengan RON 98. Bahkan angka ini adalah paling tinggi untuk BBM yang beredar di indonesia. Saingan terdekat pertamax turbo adalah shell v power dengan angka ron 95.

RON

Bilangan oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Di dalam mesin, campuran udara dan bensin (dalam bentuk gas) ditekan oleh piston sampai dengan volume yang sangat kecil dan kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi. Dengan kata lain, semakin tinggi oktan suatu bahan bakar maka ia semakin tahan terhadap kompresi dalam ruang bakar. Oleh karena itu diperlukan ukuran oktan yang pas sesuai dengan ruang bakar, tidak terlalu tinggi tidak pula terlalu rendah.


kompresi mesin dan bahan bakar yang dianjurkan


Tidak sesuainya angka oktan dengan rasio kompresi ruang bakar, akan menyebabkan campuran udara dan bensin juga bisa terbakar secara spontan sebelum percikan api dari busi keluar akibat besarnya kompresi yang terjadi di ruang bakar.  Jika campuran gas ini terbakar karena tekanan yang tinggi (dan bukan karena percikan api dari busi), maka akan terjadi knocking atau ketukan di dalam mesin. Knocking ini akan menyebabkan mesin cepat rusak, sehingga sebisa mungkin harus kita hindari.

Atau justru kemungkinan bahan bakar akan terlambat terbakar karena nilai oktan yang terlalu tinggi


Beberapa angka oktan untuk bahan bakar:

87 → Bensin standar di Amerika Serikat
88 → Bensin tanpa timbal Premium
91 → Bensin standar di Eropa, Pertamax
92 → Bensin standar di Taiwan
91 → Pertamax
95 → Pertamax Plus
98 → Pertamax Turbo

Oleh karena itu, pertamax turbo tidak serta merta berdampak baik pada semua mesin kendaraan, perlu di cek terlebih dahulu spesifikasi mesin kendaraan anda. Jika memiliki kompresi rasio 11:1 memang pertamax turbo akan memberikan manfaat yang signifikan. Namun jika kompresi di bawah 11:1 sebaiknya gunakan maksimal pertamax plus saja.

Kelebihan pertamax Turbo

1. Dilengkapi Ignition Boost Formula (IBF)
2. Mesin menjadi lebih dingin
3. Irit bahan bakar (efisiensi)
4. Keawetan mesin
5. Meningkatkan perfoma mesin
6. Ramah lingkungan

Kekurangan pertamax turbo

1. harga relatif lebih mahal
2. Perfoma mesin menurun jika diaplikasikan pada memsin yang tidak sesuai.

Secara garis besar, jika anda pemilik kendaraan tahun tinggi, 2012 keatas, atau pemilik kendaran yang race purpose seperti mobil lamborgini, audi, ferarri, dll atau motor-motor sport, supersport, sangat direkomendasikan menggunakan pertamax turbo.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *